Pantai Maluk terletak di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Maluk dulunya merupakan sebuah daerah yang sepi dan hampir tak dilirik untuk dijadikan objek wisata ataupun untuk ditinggali. 
Pantai Maluk di Sumbawa Barat
Pantai Maluk di Sumbawa Barat. (foto: meidarosalina)
Tapi semua itu berubah saat penambangan Newmont mulai beroperasi pada tahun 1985, banyak pendatang pekerja tinggal disana dan akhirnya sekarang menjadi kota yang cukup ramai.

Di akhir tahun 2014 Pantai Maluk hampir tidak pernah sepi setiap harinya karena banyak para pengunjung yang berlibur, baik pengunjung dari daerah setempat, dari luar daerah bahkan dari mancanegara. Selain keindahan pasir putih dan keindahan bukit di sekelilingnya, Pantai Maluk menawarkan pemandangan berbeda dan unik dari pantai yang ada di tempat lain. Pasalnya pantai ini berbentuk Teluk yang menghadap laut lepas jalur khatulistiwa. 

Di Tengah pantai membentuk gelombang ombak besar menghempas keras, tetapi tidak sampai ke pinggir bibir pantai. Kondisi tersebut menjadi kesukaan peselancar sampai member julukan Super Suck karena ombak di tengah bisa mencapai tinggi 2m. Namun, tidak sampai ke Tepi Pantai karena adanya sebuah tanjung yang bernama Tanjung Ahmad.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama