Mungkin Anda adalah merupakan salah seorang content creator, pastinya sangat membutuhkan informasi terkait berita viral yang sedang booming saat ini. Dalam hal ini tentunya yang recommended untuk Analisa content yang sedang viral ini bisa dengan menggunakan Google Trend.

Seperti apa cara menemukan info viral dengan menggunakan Google trend ini?

Cara Analisis Berita Viral Menggunakan Google Trend

1. Mengidentifikasi Tren Baru
Pada laman utama yang terdapat di google trend tersebut berisikan informasi mengenai topik pencarian yang saat itu sedang banyak dicari. Artinya dalam hal ini mengenai proyeksi awal dari kata kunci yang memiliki potensi untuk bisa menjadi viral di kemudian hari.

2. Memantau Kinerja Pemasaran
Tools tersebut dapat Anda gunakan untuk mencari popularitas untuk sebuah topik, termasuk hal tersebut nama bisnis Anda sendiri. Sebaiknya Anda memasukkan nama bisnis Anda pada pencarian, selanjutnya Anda bisa melihat mengenai bagaimana pergerakan popularitas bisnis Anda sebelum dan sesudah pemasaran.

3. Kenali Lokasi dengan Minat Tertinggi
Untuk hasil dari pencarian alat google tersebut dapat memetakan wilayah geografis bagi  penggunanya. Anda dapat mengetahui terkait sebuah topik yang banyak dicari berada di daerah mana. Dengan seperti itu maka Anda dapat fokus memasarkan produk di daerah tertentu saja.

4. Analisis Pesaing
Fitur yang ada di google trend sangat menarik untuk melihat berita viral maupun info yang sedang viral. Ini dengan adanya fitur perbandingan, yang bisa Anda gunakan untuk membandingkan satu topik dengan topik yang lainnya.

Mengenai cara untuk menggunakan tools tersebut sebenarnya sangat mudah dan cepat. Anda  hanya perlu menyiapkan perangkat PC serta kemudian masuk ke laman Google Trends.

Nah ini dia langkah-langkah penggunaannya, alat pencari Berirta viral yang disediakan oleh Google.

1. Buka Situs Google Trends
Langkah pertama, Anda bisa membuka situs Google Trends dengan cara mengklik tautan tersebut. selanjutnya ini akan muncul tampilan awal tools yaitu seperti yang terdapat di dalam gambar.

Untuk tampilan dari Google trend sendiri terlihat sangat sederhana serta sangat ramah pengguna. Berikutnya Anda bisa merubah lokasi pencarian dengan cara melakukan  klik pilihan negara terdapat di pojok kanan atas.

2. Masukkan Kata Pencarian
Jika Anda sudah mengubah lokasi pencarian, maka selanjutnya Anda bisa memulai dengan melihat popularitas kata kunci yang Anda inginkan. Nah disini untuk data akan disajikan dalam bentuk grafis yang mempunyai skor popularitasi mulai dari nol sampai dengan serratus. Pada bagian atas grafik Anda dapat mengatur periode pencarian, kategori serta jenis pencarian.

Nah jika Anda seorang content creator, informasi pentingnya google trend untuk analisis berita viral, tentunya sangat pas untuk anda. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama