Mungkin Anda pernah dengar sebuh makanan yang bernama bika ambon. Iya jika mendengar nama bika ambon pastinya akan teringat dengan nama daerah yang sangat populer di Indonesia bagian timur yakni Kota Ambon. Iya pasti banyak yang mengira bahwa bika ambon berasal dari Ambon, namun sebenarnya bika ambon sendiri merupakan makanan khas Medan, Sumatera Utara.
Bika Ambon Keju

Iya nama bika ambon yang justru berasal dari daerah Medan ini tentunya memunculkan banyak pertanyaan mengapa kok namanya bika ambon. Nah dibalik nama bika yang merupakan makanan khas Medan ini tentunya menyimpan cerita yang membuat makanan ini dinamakan bika ambon. Bagi Anda yang ingin mencoba kenikmatan kue bika ambon, Anda dapat membelinya melalui blibli.com.

Asal Usul Nama Bika Ambon
Munculnya nama kue bika ambon sebagai salah satu makanan khas Medan ini tentunya memunculkan berbagai pertanyaan mengingat Ambon sendiri merupakan salah satu nama daerah yang berada di Indonesia Timur. Dalam menjawab pertanyaan tersebut terdapat banyak versi mengapa kue diberi nama bika ambon. 

Salah satu versi mengatakan bahwa nama ambon disini bukan tidak mengarah pada nama salah satu daerah yang berada di Indonesia Timur yakni Kota Ambon. Salah satu cerita mengatakan bahwa nama ambon pada kue ini merujuk pada tempat pertama kali dimana kue ini dijual yakni di Jalan Ambon-Sei Kera di Medan. Selain itu ada versi lain soal penamaan bika yang satu ini adalah nama bika ambon sendiri diambil dari beberapa perpduan suku kata mulai dari “bika, dan amplas Kebon alias ambon”. 

Kemudian ada versi lain yang mengatakan bahwa kue bika ini diberi nama yang diambil dari kue khas Melayu yang sering disebut dengan nama bingka. Iya Bingka merupakan kue yang dibuat dengan bahan pengembang yakni sejenis nira yang nantinya akan menghasilkan adonan kue menjadi lebih berongga serta berserat. 

Kelezatan Bika Ambon
Bika ambon merupakan salah satu oleh-oleh khas medan yag memilki citarasa yang cukup lezat dan gurih dengan teksturnya yang kenyal dan berongga-rongga. Kue ini memiliki ciri khas yakni warnanya yang kuning melegenda. Meskipun namanya cukup unik dan banyak versi cerita mengenai asal-usul nama kue ini, namun yang jelas kue ini menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. 

Kue ini dipercaya dibuat sejak zaman penjajahan yang kemudian terus dilestarikan hingga saat ini. Bahkan kue ini juga mampu bersaing dipasaran ditengah banyaknya berbagai makanan yang masuk ke Indonesia. Iya dikalangan pecinta kue basah, bika ambon menjadi salah satu kue yang cukup nyak diminati khususnya untuk acara-acara adat. 

Dalam penjualannya, bika ini biasanya ditawarkan dalam ukuran yang cukup bervariasi mulai dari ukurannya, rasa, hingga ada juga yang memberikannya brand. Pada umumnya kue ini dikreasikan dengan beberapa varian rasa mulai dari cokelat, keju, pandan, dan sebagainya.  Harga kue bika yang satu ini tidaklah mahal sebab harga untuk 1 loyang kue bika ini tidak lebih dari 50 ribu pada umumnya, tergantung varian dan ukurannya. 

Bika ini menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Kota Medan, Sumatera Utara. Bahkan kue bika ambon  telah menjadi ikon kuliner kebanggaan masyarakat Medan. Bagi Anda ya berkunjung ke Medan, pastikan untuk mencicipi kue yang satu ini. Atau bagi Anda yang tidak sempatke Medan, Anda juga dapat menikmatinya dengan membeli kue bika ambon melalui blibli.com. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama