Pentium merupakan nama yang sangat lekat sekali dengan brand Intel. Mulai dari penamaan prosesor flangship dari Intel, sampai kini tergusur menjadi prosessor kelas dua. Pada saat diperkenalkan dengan core dan core I, series, Pentium tetap identic dengan perusahaan prosessor yang berasal dari Santa Clara tersebut. Dalam hal ini banyak yang memandang sebelah mata dengan prosesor yang menyandang nama Pentium, biasanyab pengguna lebih senang ketika menggunakan produk dari lini Core i series. Namun kini Pentium tidak bisa di pandang sebelah mata. Salah satu dari Intel Pentium Gold yang kini banyak dicari, karena ini merupakan spesifikasi yang banyak diinginkan. 

Intel Pentium Gold 4415Y ini sebagai salah satu prosesor yang low-end dari Intel yang ditujukan untuk laptop dan tablet. Prosessor tersebut di umumkan pada kuartal kedua ditahun lalu, Untuk seri Pentium Gold juga sudah menggunakan arsitektur Kaby Lake 14nm yang dalam hal ini bisa dibilang tidak ketinggalan zaman. Seri 4415Y tersebut masih dual-core dan hyper threading sampai dengan 4 thread, namun dalam hal ini sayangnya belum mendukung Turbo Boost. Sehingga untuk clock tertingginya kurang lebih hanya sekitar 1,6 GHz saja. Untuk absennya Turbo Boost menjadikan performa Pentium Gold 4415Y juga masih kalah dengan Core m3-7Y30. 

Anda bisa membayangkan mengenai performa yang dalam hal ini bisa dibilang lumayan cukup signifikan. Untungnya untuk segi grafis 4415Y menggunakan kartu grafis yang sama dengan Core m3-7Y30, yaitu menggunakan Intel HD Graphics 615. Walaupun masih belum termasuk seri terbaik namun ini juga masih bisa dibilang oke lah.

Nah kemudian bagaimana jika digunakan untuk kegiatan sehari-hari contohnya yaitu seperti mengedit dokumen, kemudian menonton Video dan browsing? Tentunya juga relative. Kalau Anda sudah terbiasa dalam hal ini memakai laptop yang masih menggunakan seri Atom atau menggunakan Pentium maka Anda tidak akan merasakan pengalaman yang berbeda, atau bisa juga Anda merasa bahwasannya menggunakan Pentium gold tersebut terasa lebih baik. Akan tetapi jika Anda sudah menggunakan laptop dengan menggunakan seri Core 2014 ke atas (m-series atau i-series), kemungkinan besar Anda bisa merasakan penurunan performa.

Kalau Anda membeli Surface Go yang Anda gunakan untuk keperluan sekolah/kuliah, maka hal tersebut dirasa juga banyak pilihan laptop lain dengan memiliki kemampuan yang lebih mumpuni, kecuali jika Anda benar-benar butuh dukungan pen, portabilitas tinggi, serta dengan desain yang unik. Ingat, dengan harga sebesar 5,7 jutaan Anda bisa  baru dapat Surface Go saja, itu juga belum termasuk keyboard dan pen. Itupun Anda juga akan baru dapat penyimpanan eMMC 64GB (Bukan SSD).

Nah itulah gambaran umum mengenai Performa dari Pentium Gold 4415Y ini. Sekali lagi kami tegaskan bahwasannya ini hanyalah sebagai gambaran umum yang berdasarkan dari spesifikasi prosesor serta benchmark di Windows 10, bukan dari performa asli. Karena sampai pada saat ini baru Surface Go saja yang menggunakan seri prosesor tersebut. Spesifikasi bukanlah segalanya, akan tetapi dalam hal ini dapat memperlihatkan potensi dari prosesor tersebut. Kini untuk Anda yang menginginkan untuk membeli Intel Pentium Gold Anda bisa langsung membelinya di blibli.com.

Anda bisa mendapatkan barang sesuai dengan apa yang Anda cari, di blibli juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Yuk sekarang berbelanja kesana dan dapatkan discount serta promo menariknya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama