Tips Jitu Memilih Sabun Bayi yang Tepat untuk Perawatan Sehari-hari

Tips Jitu Memilih Sabun Bayi yang Tepat untuk Perawatan Sehari-hari

Kebersihan bayi merupakan hal yang wajib dijaga. Hal ini karena bayi memiliki kulit yang sensitif, sehingga mudah terkena iritasi jika salah menggunakan sabun cuci pakaian bayi. Saat mencuci pakaian bayi, Anda juga perlu membilas pakaian dengan bersih, sehingga tidak ada sisa sabun yang tertinggal. Sisa sabun inilah yang dapat menyebabkan iritasi kulit bayi.

Selain memilih sabun cuci yang tepat, Anda juga perlu memilih sabun bayi yang aman. Sabun bayi memiliki formula yang berbeda dengan sabun dewasa. Hal ini karena kulit bayi lebih lembut dan sensitif. Agar tidak salah memilih sabun bayi, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

1. Memilih sabun berbahan lembut dan lembab
Kulit bayi masih sensitif, sehingga rentan terkena iritasi. Sebaiknya pilihlah sabun bayi yang lembut dan mengandung pelembab. Hal ini dilakukan untuk mencegah kulit bayi menjadi kering, sehingga tidak terkena iritasi dan eksim.

2. Hindari memilih sabun busa dan pewangi
Orang dewasa memang lebih senang menggunakan sabun busa, tetapi jenis sabun ini tidak cocok digunakan untuk bayi. Sabun busa mengandung zat kimia yang justru akan membuat kulit bayi menjadi kering. Selain itu, sabun wangi juga tidak cocok untuk bayi. Tambahan pewangi pada sabun justru dapat meningkatkan risiko alergi dan iritasi pada kulit bayi.

3. Hindari sabun dengan bahan berbahaya
Sebelum membeli sabun bayi, sebaiknya perhatikan daftar bahan yang terkandung di dalamnya. Hindari sabun bayi yang mengandung etil alkohol dan propilen glikol, karena dapat memicu reaksi negatif pada kulit. Selain itu, hindari pula penggunaan bahan betanine kokamidopropil, coconut dietanolamida, dan propil paraben, karena dapat berpotensi sebagai racun pada kulit bayi.

Selain menjaga kebersihan pakaian dengan memilih sabun cuci pakaian bayi yang aman, Anda juga perlu menjaga kebersihan badan bayi dengan memilih sabun bayi yang tepat. Sebaiknya pilihlah sabun bayi yang tidak berbusa dan tidak berpewangi. 

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan komposisi bahan dalam sabun bayi. Pastikan sabun bayi yang digunakan tidak mengandung zat-zat yang berbahaya. Anda juga dapat menjaga kebersihan bayi dengan membersihkan tubuh bayi menggunakan air hangat. 

Share This :