Tips Memilih Oli Motor yang Tepat

Tips Memilih Oli Motor yang Tepat

Oli motor merupakan kebutuhan motor yang sangat penting, karena tanpa oli motor bisa jadi motor tersebut akan over head dan bahkan akan cepat aus. Tanpa keberadaan oli maka membuat motor tidak bisa jalan, maka dari itu oli ini bisa dikatakan sangat penting. Namun dalam memilih oli untuk motor kita juga tidak boleh sembarangan dalam memilihnya, harus cocok dengan motor tersebut.

Nah berikut ini beberapa tips untuk Anda dalam memilih oli motor untuk motor yang Anda miliki, diantaranya yaitu:

1. Memakai Oli yang Memiliki Standar API
Pertama yang perlu Anda perhatikan dan ketahui yaitu memilih oli yang memiliki sertifikat API alias American Petroleum Institute. Lembaga API ini sebagai salah satu lembaga yang sah dan sudah dipercaya untuk menguji oli. Sehingga jika oli tersebut sudah memiliki standar API, maka tentu saja sudah bisa dipastikan kalau oli tersebut memang sebagai oli yang berkualitas dan bagus untuk motor.

2. Oli yang Dipilih Memiliki  Standar Jaso
JASO ini yaitu singkatan dari Japanese Automotive Standard Association. Dari segi fungsinya mirip dengan API. Lembaga tersebut juga menguji oli apakah oli tersebut memiliki kualitas bagus atau tidak. Dan yang terpenting yaitu JASO ini juga akan memberikan informasi mengenai bagaimana ketahanan oli tersebut. JASO sendiri mempunyai beberapa standar ketika menguji oli diantaranya yaitu ada standar JASO MB, JASO MA2 dan JASO MA. Untuk standar JASO MB ini merupakan standar oli yang digunakan untuk motor yang menggunakan sistem transmisi CVT. Yang dimana pada motor tipe itu juga menggunakan sistem kopling kering. Sedangkan untuk JASO MA ini merupakan standar oli yang tentu saja juga sudah di uji untuk motor yang memakai sistem kopling yang basah. Kalau oli tersebut mempunyai standar JASO MA2, maka oli tersebut juga sudah sangat baik kualitasnya dan bagus digunakan untuk motor.

3. Oli Harus Memiliki Kekentalan yang Pas
Dalam hal ini juga perlu untuk kita memilih oli motor yang terbaik tentunya juga harus memiliki tingkat kekentalan yang seimbang. Sehingga pada saat kita membeli oli juga harus mengeceknya terlebih dahulu mengenai masalah tangkat kekentalannya. Kalau tingkat kekentalan oli tersebut seimbang, maka oli tersebut bagus digunakan untuk motor anda.

4. Minta Saran Kepada Teknisi Motor Matic
Kalau Anda dalam hal ini memang kurang paham mengenai masalah yang berkaitan dengan mesin motor. Maka dalam hal ini alangkah baiknya jika Anda meminta saran oli motor terbaik untuk motor anda. Karena teknisi motor tersebut pastinya sudah paham serta berpengalaman dalam memilih oli motor yang sesuai dengan motor anda.

Pilih Oli Motor yang Tepat
Kini untuk Anda yang ingin mengganti oli motor atau baru pertama kali megisi oli motor Anda, tampaknya beberapa tips diatas cukup recommended untuk Anda lakukan. Jangan sampai Anda salah dalam mengisi oli motor Anda, karena hal tersebut akan berbahaya jika Anda mengisi oli yang tidak tepat untuk motor Anda.

Jika oli motor tersebut kurang cocok dengan motor kita biasanya akan terasa cepat panas selain itu biasanya juga sangat berat saat motor tersebut di jalankan. Nah maka dari itu saatnya kini Anda memilih oli yang tepat sesuai dengan standart yang berlaku dengan tips diatas tadi, demikian informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Share This :