Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan pemanas air tenaga surya. Hal yang utama bisa dirasakan manfaatnya yakni manfaat ekonomi. Dibanding menggunakan pemanas air dengan tenaga listrik, sangat terasa sekali perbedaannya dan sangat menonjol bila dilihat dari sisi ekonomis operasional dari kedua jenis alat pemanas air tersebut. Pemanas air tenaga surya menggunakan energi yang gratis dari alam yakni sinar matahari sedang untuk pemanas air yang menggunakan listrik tentu ada tagihan yang harus dibayar ketika digunakan.

Selain itu, bila dibandingkan dengan pemanas air yang menggunakan gas, juga lebih baik penggunaannya. Karena pemanas air tenaga surya ini menggunakan energi dari sinar matahari yang jumlahnya sangat berlimpah di alam semesta. Lain bila menggunakan gas, jumlahnya tentu sangat terbatas dan bisa saja sewaktu-waktu akan habis. 

Nah berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan pemanas air tenaga surya.

1. Manfaat ekonomi
Telah dipahami banyak anggapan yang menyatakan bahwa pemanas air tenaga listrik lebih populer dan mudah dipasang karena harganya yang murah ketika awal membeli. Memang masuk akal. Namun bila anda mempertimbangkan biaya energi yang akan dikeluarkan per bulannya tentu ada berapa banyak energi  yang dihabiskan untuk menggunakannya. Tentu anda harus memikirkan lagi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rata-rata rumah tangga yang menggunakan pemanas air tenaga surya menghabiskan setidaknya 25% rata-rata biaya tagihan rumah hanya untuk membayar biaya energi yang digunakan untuk pemanas listriknya. 

Setelah ditemukan pemanas air tenaga surya ini, maka harga yang ditawarkan memang lebih besar dibandingkan potensi kehematannya. Menggunakan pemanas air tenaga surya tentu membuat lebih hemat dan anda bisa menabung setidaknya 50% hingga 85% setiap tahunnya untuk tagihan yang dikeluarkan guna membayar tagihan pemanas air listrik.

2. Manfaat jangka panjang
Menggunakan pemanas air tenaga surya juga menawarkan keuntungan jangka panjang yang besar untuk anda. Selain gratis, secara tidak langsung sistemnya juga telah membebaskan anda dari tagihan listrik atau biaya bahan bakar. Anda dan keluarga tentu akan terhindari dari kekurangan bahan bakar masa depan dan harga bahan bakar yang semakin meningkat mampu mengurangi ketergantungan dari minyak nasional.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama