Tips Mengurangi Mual dan Muntah Saat Hamil

Tips Mengurangi Mual dan Muntah Saat Hamil

Rasa mual serta muntah atau umumnya disebutkan morning sickness umumnya berlangsung pada saat 3 bulan awal kehamilan (trimester pertama kehamilan). Tiap wanita hamil akan mempunyai tingkat derajat mual yang berlainan, ada yang tidaklah terlalu rasakan apa-apa, tetapi ada pula yang merasakan mual serta ada yang merasakan benar-benar mual serta muntah setiap waktu hingga membutuhkan penyembuhan (hiperemesis gravidarum). Ingat tiap wanita hamil istimewa dengan karakter semasing, begitupun anda! 

Berikut beberapa tips untuk menolong anda mengurangi mual serta muntah sepanjang awal kehamilan: 

1. Makan dalam jumlahnya dikit tetapi seringkali, jangan makan dalam jumlahnya atau bagian besar cuma akan membuat anda makin bertambah mual. Berusahalah makan pada saat anda bisa makan, dengan bagian kecil tetapi seringkali. 

2. Konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat serta protein yang bisa untuk menolong menangani rasa mual anda. Banyak konsumsi buah serta sayuran serta makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit, dan lain-lain  

3. Pada pagi hari pada saat bangun tidur jangan langsung tergesa-gesa terjaga, coba duduk dulu serta baru perlahan-lahan berdiri bangun. Jika anda merasakan benar-benar mual saat bangun tidur pagi siapkanlah snak atau biscuit didekat tempat tidur anda, serta anda bisa mengkonsumsinya dulu sebelum anda berusaha untuk berdiri. 

4. Jauhi makanan yang berlemak, berminyak serta pedas yang akan jadi memperburuk rasa mual anda. 

5. Minum yang cukup untuk menghindarkan dehidrasi karena muntah. Minumlah air putih, atau jus. Jauhi minuman yang memiliki kandungan cafein serta karbonat. 

6. Vitamin kehamilan terkadang jadi memperburuk rasa mual, tetapi anda masih membutuhkan folat untuk kehamilan anda ini. Jika mual muntah benar-benar hebat, tanyakan ke dokter anda hingga bisa diberi pendapat paling baik untuk vitamin yang akan anda mengonsumsi. Serta dokter anda kemungkinan memberi obat untuk mual jika memang dibutuhkan. 

7. Vitamin B 6 efektif untuk kurangi rasa mual pada ibu hamil. Semestinya Tanyakan dulu dengan dokter anda untuk pemakaiannya. 

8. Penyembuhan Tradisionil : Umumnya orang memakai jahe dalam kurangi rasa mual pada beberapa penyembuhan tradisionil. Riset di Australia mengatakan jika jahe bisa dipakai jadi obat tradisionil untuk menangani rasa mual serta aman untuk ibu serta bayi. Pada beberapa wanita hamil ada yang konsumsi jahe fresh atau permen jahe untuk menbantu menangani rasa mualnya. 

9. Istirahat serta relax akan menolong anda menangani rasa mual muntah. Sebab jika anda stress cuma akan jadi memperburuk rasa mual anda. . Ambilan waktu buat anda! coba beristirahat yang cukup serta enjoy, dengarkan musik, membaca buku bayi atau majalah kecintaan anda dan lain-lain. 

Ingat! Hubungi dokter anda jika mual-muntah menjadi sangat hebat, hingga anda tidak bisa makan atau minum apa pun hingga bisa memunculkan kekurangan cairan/dehidrasi (Hiperemesis gravidarum). 

Share This :