Tips Mendampingi Anak Hiperaktif

Tips Mendampingi Anak Hiperaktif

Anak hiperaktif sebagai salah satu permasalahan yang sangat wajar. Namun tidak ada obat yang bisa menyembuhkan anak hiperaktif tersebut, akan tetapi kondisi tersebut bisa dikontrol atau bisa dikelola dengan melalui dukungan, kemudian Pendidikan serta saran yang tepat bagi orang tua ataupun untuk anak. Selain itu, dokter juga sangat mungkin untuk memberikan obat yang berguna untuk membantu mengontrol gejala ADHD dan menganjurkan terapi.

Kalau Anda memiliki anak yang hiperaktif, berikut ini merupakan ada beberapa hal yang dapat membantu untuk mengontrol mereka. Diantaranya yaitu:

Membangun kehidupan anak yang terstruktur
Dalam hal ini sebaiknya orangtua menciptakan keteraturan supaya kehidupan anak tenang dan lebih terorganisir. Dalam hal ini Anda tidaklah perlu terlalu kaku, cukup Anda  menentukan kapan waktu untuk makan, mandi, tidur, dan bermain.

Ketika Anda memberikan instruksi untuk anak sebaiknya juga terstruktur, singkat dan lebih spesifik. Contohnya saja yaitu tolong bantu bunda membersihkan lantai dari mainan ke tempat mainan. Jangan lupa untuk memberikan pujian kepada anak, kalau dia melakukan pekerjaannya dengan benar. Ini sebagai daya dorong anak untuk melakukan hal yang postitif selanjutnya.

Menciptakan waktu tidur yang rutin
ADHD ini  bisa menjadikan masalah tidur yang malah bisa menjadikan gejala semakin parah. Banyak anak dengan ADHD tersebut berulang kali bangun pada waktu tengah malam sehingga pola tidurnya akan sangat kacau. Menciptakan kebiasaan tidur yang tepat waktu bisa mengatasi masalah tersebut.

Pastikan anak bisa tidur dengan waktu yang sama untuk setiap malamnya dan selanjutnya bangun pada waktu pagi hari. Sebaiknya hindari kegiatan untuk bermain komputer atau menonton TV sebelum tidur karena bisa mengganggu waktu istirahatnya.

Menerapkan disiplin positif
Upayakan untuk selalu memberinya kasih saying dengan cara menghargai atau memuji anak pada saat melakukan tindakan yang baik. Jangan hanya mengucapkan terimakasih saja pada saat anak membantu Anda, tapi juga singgung apa yang anak lakukan untuk Anda. Contohnya saja seperti kalimat, “Terima kasih sudah membantu ibu mencuci piring.” Dengan memakai cara ini anak tentu akan menjadi tahu tindakan apa saja yang tergolong baik.

Mengajak anak beraktivitas dan berolahraga
Pastikan jika buah hati Anda melakukan banyak aktivitas fisik pada waktu siang hari. seperti Berjalan, melompat-lompat, dan olahraga. Ini merupakan dari beberapa hal yang baik untuk dilakukan oleh buah hati. Kegiatan yang banyak akan meningkatkan kualitas tidur anak pada waktu malam hari. Akan tetapi pastikan supaya mereka tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat pada saat dekat dengan waktu istirahatnya.

Membina Hubungan Keluarga yang Sehat
Hubungan antara semua anggota keluarga untuk memainkan peranan besar dalam mengelola atau mengubah perilaku dari anak hiperaktif. Dalam hal ini tentunya suami istri yang memiliki ikatan kuat tentunya akan sering merasa lebih mudah dalam menghadapi tantangan untuk menjadi orang tua. Upayakan untuk Anda menjalin komunikasi yang sehat dengan anak. Kalau anak Anda mengajak berbicara, maka Anda juga harus menanggapinya dengan tenang dan sabar.

Nah beberapa tips diatas tentunya bisa menjawab kebutuhan Anda untuk membimbing anak hiperaktif. Setiap apapun yang ora tua lakukan pastinya akan berdampak pada anak, kualitas anak tentunya tergantung dari orang tua. Jika orang tuanya berkualitas maka juga akan melahirkan anak yang memiliki kualitas social yang baik pula. Jangan lupa untuk konsultasi pada orang yang lebih tau terlebih dalam hal psikologi.

Share This :