Awas, 6 Faktor Ini Bisa Ganggu Kesuburan Wanita

Awas, 6 Faktor Ini Bisa Ganggu Kesuburan Wanita

Kehadiran buah hati pastinya sangat diinginkan setiap pasangan yang sudah menikah. Hanya saja, seringkali orang abai akan hal yang sering dilakukannya sehingga membuat kesuburannya terganggu. Meskipun Anda melakukan posisi bercinta seperti apapun, kalau kesuburan Anda jelek, tak akan bisa. Bagi wanita, ini faktor yang pengaruhi kesuburan Anda!

Ilustrasi
1. Kebiasaan Merokok
Salah satu hal yang mempengaruhi kesuburan wanita adalah kebiasaan merokok. Merokok ini bisa memicu gangguan pada hormon dan merusak DNA atau disebut juga dengan infertilitas. Kesuburan Anda jelas akan terganggu kalau sudah begini. Meskipun Anda bukan perokok aktif, namun menghirup udara yang terpapar asap rokok juga tak baik.

2. Obesitas
Faktor lain yang mengganggu kesuburan wanita adalah obesitas. Proses ovulasi akan terganggu bila Anda mengalami obesitas karena fungsi ovarium yang menurun. Untuk mengatasinya, cobalah ubah pola makan Anda. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi, kolesterol dan lemak.

3. Terlalu Kurus
Terlalu kurus juga nyatanya tak bagus. Anda tak bisa hamil cepat bila memiliki berat tubuh yang rendah. Tubuh yang terlalu kurus ternyata bisa memperngaruhi hormon leptin sehingga mempengaruhi proses mentsruasi setiap bulannya. Untuk bisa hamil, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan nurisi yang cukup dan kalau perlu konsumsilah suplemen.

4. Usia
Faktor lain yang bisa menyebabkan Anda susah hamil adalah pertambahan usia. Sebenarnya, tak ada angka pasti batasan agar Anda bisa hamil. Namun, sebaiknya Anda tak hamil ketika usia 50-an karena saat tersebut sudah masuk usia menopause biasanya. Menjelang usia tersebut, gangguan kesuburan akan terjadi pada Anda.

Salah satunya adalah karena jumlah sel telur yang makin berkurang. Sampai saat ini, para dokter bersepakat bahwa mulai usia 35 tahun, peluang kehamilan bagi wanita sudah mengalami penurunan.

5. Tingkat Stres yang Tinggi
Tak hanya kesehatan fisik saja yang perlu dijaga. Kesehatan mental Anda juga harus. Orang yang mengalami stres terlebih dalam tingkat tinggi biasanya akan susah hamil. Sebab, stres bisa berdampak pada bagian hipotalamus yang ada di otak. Padahal, bagian ini adalah yang bertugas untuk mengatur hormon yang diperlukan saat proses ovulasi.

6. Olahraga yang Terlalu Keras
Olahraga memang baik untuk kesehatan. Namun, kalau Anda berolahraga terlalu keras, jadinya juga tak baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah kesuburan Anda. Aturlah kembali porsi olahraga Anda. Jangan sampai menyiksa tubuh. Dengan begitu, kemungkinan untuk mendapat buah hati bisa lebih besar.

Nah, itulah beberapa faktor yang bisa sebabkan penurunan kesuburan pada wanita. Jika Anda ingin mengetahui berbabagi tips lainnya agar cepat hamil atau tips seputar reproduksi, seks dan parenting, Anda bisa cek saja di Orami Magazine. Silahkan saja ke orami.co.id. Berbagai info menarik yang tentunya bermanfaat bisa Anda dapatkan di sini. 

Share This :